Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Meningkatkan Mood Belajar Saat Pandemi

7 Tips Meningkatkan Mood Belajar Saat Pandemi

Dalam masa pandemi covid-19 yang sedang berlangsung ini mempunyai banyak dampak yang sangat terasa menyusahkan masyarakat dikarenakan pemerintah melakukan sistem PSBB untuk mencegah maupun memutus penyebaran virus covid lebih banyak maka dari itu aktifitas sangatlah tergangung hanya bisa melakukan aktifitas dirumah saja nah proses belajar mengajar yang awalnya di sekolah di lakukan secara offline beralih pembelajaran ke daring atau disebut juga dengan belajar online menggunakan aplikasi zoom maupun google meet serta media pembelajaran lainnya.

7 Tips Meningkatkan Mood Belajar Saat Pandemi
Tips Meningkatkan Semangat Belajar


Proses pembelajaran daring dilakukan semua pelajar dari siswa sekolah dasar hingga mahasiswa melakukan kegiatan belajar mengajar dirumah saja dengan cara online. dengan ada nya pembelajaran online pastinya akan berdampak besar terhadap pola belajar siswa, kendala yang utama yaitu pasti dalam teknologi baik smartphone maupun jaringan. mau tidak mau siswa harus bisa beradaptasi dengan cepat karena sistem pembelajaran yang diterapkan. 
dengan ada nya pembelajaran daring pastinya akan ada efek negatif nya terutama rasa malas untuk belajar rasa malas saat belajar pasti ada sebab dan akibatnya apa yang mendasar rasa malas untuk belajar.

Penyebab Rasa Malas Belajar Daring

  • Aktifitas Monoton
    Pembelajaran dirumah pastinya nya akan merasakan jenuh dikarenakan aktifitas hanya dirumah saja, rutinitas bangun tidur lanjut belajar online mengerjaka tugas tidur begitu terus sampai bosan. aktifitas monoton penyebab utama membuat malas belajar daring.

  • Kesepian
    Sebelum ada nya virus covid semua aktifitas maupun pembelajara dilakukan lancar secara offline, siswa bisa bertatap muka dengan guru maupun dosen serta berjumpa dengan teman-teman melakukan kegiatan bersama-sama menjadi sangat bahagia. saat ada pandemi seperti ini berbalik dratstis aktifitas hanya dirumah, lalu pemerintah menerapkan physical distancing yang artinya menjaga jarak satu dengan lainnya. secara logika pasti merasakan kesepian dan muncul pemikiran stress.

  • Minim Fasilitas Belajar
    Pembelajaran daring menggunakan teknologi online tidak bisa dilakukan tatap muka maka dari itu pastinya ada perangkat yang harus disiapkan seperti fasilitas Wi-Fi, smartphone, laptop, kouta internet dan sebagainya. tidak semua siswa memiliki semua fasilitas yang mapan sertanya nyaman untuk melakukan pembelajaran daring, ketika fasilitas kurang mencukupi akan ada rasa malas untuk melanjutkan proses belajar.

Untuk mengatasi rasa malas saat belajar daring supaya kegiatan belajar - mengajar sefektif dan seefeisien mungkin perlu diperhatikan beberapa hal untuk membangkitkan rasa mood rasa semangat untuk melakukan pembelajaran secara online. berikut 7 Tips Meningkatkan Mood Belajar Saat Pandemi.

  1. Tanamkan Motivasi Yang Kuat
    Belajar daring pastinya akan terasa penat serta jenuh maka dari itu tanamkan motivasi yang kuat selalu berfikir positif supaya otak merespon semangat tidak malas.

  2. Cari Tempat Belajar yang Tenang dan Nyaman
    Tempat juga sangatlah berpengaruh untuk belajar online, hilang mood disebabkan malas, jenuh stress atau bisa dibilang selalu berfikir negatif. solusinya siapkan tempat khusus yang nyaman untuk belajar.

  3. Membuat Jadwal Belajar
    Rumah merupakan tempat ternyaman untuk bersantai melepas penat. tetapi saat pandemi rumah berfungsi untuk tempat belajar daring. alasannya membuat jadwal belajar supaya tidak lupa kapan harus belajar dan kapan waktunya bersantai.  dengan adanya jadwal hidup akan menjadi teratur life enjoy.

  4. Minta semangat dari Moodboster
    Semangat dari sesorang akan meningkatkan kebahagian apalagi semangat belajar tersebut dari someone tercinta pastinya hati menjadi senang, selain mendapatkan semangat dari pacar maupun sesorang yang dicintai akan sangat berdampak besar meningkatkan mood suasana hati.

  5. Perispkan Cemilan
    Cemilan salah satu pembangkit mood untuk belajar, berfikir juga membutuhkan tenaga, sumber tenaga dari makanan belajar sambil memakan cemilan keripik maupun sebagainya meningkatkan mood untuk belajar.

  6. Dengerin Musik
    Musik merupakan salah satu media untuk menemani belajar, iringan musik membuat hidup lebih nyaman dan enjoy untuk melakukan suatu hal, tips pilihlah music sesuai genre kesukaanmua jika sedang belajar recomendasi musiknya slow maupun jazz supaya materi yang di baca masuk di dalam otak terserap dengan rapi.

  7. Mengulangi Materi
    Biasakan mengulangi materi 2x belalar supaya ingat serta mendapatkan hasil yang maksimal, dengan cara mengulangi materi otak akan menyimpan lebih matang dibandingkan membaca materi 1x.
Sobat pembaca Fast Studi saya sebagai admin sangatlah berterimakasih telah membaca Artikel Website Dari Fast Studi tentang Mengenal 7 Tips Meningkatkan Mood Belajar Saat Pandemi semoga adik - adik bisa memilih pilihan yang diminat untuk menjuju impin.
" ONE STEP RICH IN YOUR DREAM "

Posting Komentar untuk "7 Tips Meningkatkan Mood Belajar Saat Pandemi"